Inilah 14 Film Anime Tersedih Yang Ceritanya Bisa Bikin Baper

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, Anime adalah salah satu media hiburan yang canggih, dengan cerita yang menarik, setting tempat yang begitu menakjubkan, dan ada beragam karakter unik di dalamnya.

Tapi, ada juga beberapa film Anime yang menyuguhkan cerita sedih sebagai daya tarik utamanya. Bahkan, karena saking sedihnya, ada beberapa film Anime tersedih yang ceritanya bisa membuat penontonnya ikut terbawa perasaan (baper).

Walaupun begitu, film Anime dengan cerita sedih sebagai daya tarik utamanya tersebut tetap memiliki banyak pengemar. Lantas, apa saja film Anime tersedih yang bisa membuat penonton baper tersebut? Berikut ulasannya

#1. Clannad Series

Anime Tersedih
Clannad

Clannad adalah salah satu film Anime romance terbaik, yang dilabeli sebagai salah satu film Anime tersedih di dunia. Mulai dari ekspresi, drama, musik, hingga alur ceritanya sangat menyentuh perasaan penontonnya.

Film Anime ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Tomoya, yang bertemu dengan seorang gadis cantik berpenyakitan bernama Nagisa. Setelah lulus sekolah, mereka berdua memutuskan menikah dan dikaruniai seorang anak perempuan bernama Ushio.

Yang paling menyedihkan, saat Tomoya ditinggal mati oleh istrinya ketika melahirkan anaknya. Saking sedihnya Tomoya, diapun memutuskan merantau dan meninggalkan putri selama beberapa tahun.

Bukan hanya itu saja, cobaan kembali menghampiri Tomoya, disaat dia mulai sadar harus lebih memperhatikan putrinya, sebab Ushio juga menderita penyakit yang sama seperti ibunya dan pada akhirnya ” pergi “ meninggalkan ayahnya.

#2. Shigatsu Kimi no Uso

Anime Tersedih
Shigatsu Kimi no Uso

Film Anime tersedih selanjutnya yaitu Shigatsu Kimi no Uso. Ceritanya tentang seorang Pianist muda berbakat bernama Arima Kousei, yang tidak bisa mendengar lagi (tuli) akibat trauma yang dialaminya waktu kecil.

Kehidupan Arima Kousei mulai berwarna lagi, saat dia bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Kaori. Kaori adalah seorang pemain biola berbakat dan meminta Arima Kousei bermain musik dengannya sebagai pengiringnya.

Walaupun film Anime berakhir dengan ” happy ending “ karena pada akhirnya Arima Kousei mengetahui perasaan Kaori terhadapnya. Tapi tetap saja endingnya sangat menyedihkan, karena Kaori meninggal karena penyakitnya yang di deritanya.

#3. Ano Hana

Anime Tersedih
Ano Hana

Film Anime ” Ano Hana “ ini tidak kalah sedih dengan film Anime ” Clannad “ atau ” Shigatsu Kimi no Uso “. Ceritanya tentang empat orang sahabat sejak kecil yang harus ditinggal mati oleh salah satu sahabatnya.

Sejak kematian sahabatnya yang bernama Meiko Honma atau biasa dipanggil Menma itu, keempat orang sahabat ini memilih jalannya masing-masing dan saling menutup diri satu sama lainnya hingga mereka dewasa.

Sampai akhirnya, Menma muncul kembali tapi dalam bentuk ” roh “ dan meminta kepada keempat orang sahabatnya tersebut, agar bisa mengabulkan impian di waktu kecil, saat mereka masih bersama-sama dulu.

#4. Angel Beats

Anime Tersedih
Angel Beats

Film Anime ini berlatarbelakang tentang dunia setelah kematian. Ceritanya tentang kumpulan orang-orang yang dibuang di sebuah tempat misterius untuk melakukan hal-hal yang belum mereka capai di saat masih hidup.

Cerita di film Anime ini fokus kepada Otonashi, yaitu seorang anak yang mengalami hilang ingatan tentang masa lalunya setelah kematiannya. Kemudian dia bergabung dengan kelompok bernama ” Shinda “ yang bertujuan melawan tuhan sebagai bentuk protes.

Diawal-awal episode, film Anime ini memang hanya banyak menyuguhkan adegan-adegan ” komedi “ mainstream yang bisa membuat penontonnya tertawa. Tapi ketika memasuki pertengahan, penonton akan dibawa ke alur cerita yang menyedihkan.

Dimana di pertengahan episode tersebut, film Anime ini banyak mengungkap kisah-kisah sedih di masa lalu para karakternya. Intinya, film Anime ” Angel Beats “ ini adalah salah satu film Anime tersedih dengan ending yang susah ditebak.

#5. Grave of the Fireflies

Anime Tersedih
Grave of the Fireflies

Grave of the Fireflies adalah salah satu film Anime movie terbaik, dengan latarbelakang tentang perang dunia kedua. Ceritanya fokus kepada dua orang kakak adik, yang harus bertahan hidup di tengah-tengah medan perang.

Film Anime bercerita tentang seorang pemuda bernama Seita dan adik perempuannya berusia 5 tahun bernama Setsuko, yang harus hidup di tengah-tengah medan perang. Rumahnya sudah hancur, ibunya sudah meninggal karena bom dan ayahnya tidak diketahui kabarnya.

Karena saking sedihnya, pernah dulu ada salah satu bioskop yang memutar film Anime ini berubah menjadi henning setelah film Anime ini selesai diputar. Hal ini terjadi karena para penontonnya terbawa perasaan terhadap film ini.

#6. Plastic Memories

Anime Tersedih
Plastic Memories

Film Anime ini berlatarbelakang di masa depan, dimana pada masa itu manusia sudah bisa hidup berdampingan dengan Android yang disebut ” Giftia “. Bentuk Giftia tersebut mirip sekali seperti manusia dan juga memiliki perasaan layaknya manusia normal.

Film Anime ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Tsukasa, yang bekerja di salah satu perusahaan pembuatan Giftia terbesar di dunia. Disana, Tsukasa jatuh cinta dengan salah satu Giftia cantik bernama Isla.

Hanya saja, seorang Giftia bisa bertahan dengan ingatannya selama kurang lebih 1000 hari saja. Itulah yang membuat film Anime ini begitu sedih dan endingnya sungguh sangat menyentuh, melihat detik-detik terakhir Isla dengan ingatannya bersama kekasihnya.

#7. Charlotte

Anime Tersedih
Charlotte

Film Anime tersedih selanjutnya yaitu Charlotte. Film Anime ini berlatarbelakang tentang kehidupan remaja di sebuah sekolah, dimana sebagian para siswanya memiliki kemampuan khusus berbeda-beda satu sama lainnya.

Film Anime ini bercerita tentang seorang siswa bernama Otosaka Yuu, yang memiliki kemampuan memasuki tubuh orang lain selama 5 detik, dan Otosaka Yuu sering mengunakan kemampuan tersebut untuk melakukan kecurangan.

Kemudian, Otosaka Yuu dipaksa masuk ke Akademy Hoshinoumi, yaitu salah satu organisasi OSIS yang bertujuan untuk mencegah siswa-siswa lain mengunakan kemampuan khususnya untuk hal-hal yang kurang baik.

Diawal-awal episode, film Anime ini tidak begitu menyuguhkan hal-hal yang menyedihkan. Tapi, mulai dari pertengahan hingga akhir, film Anime ini mulai menunjukan jalan cerita yang penuh dengan ” drama “ yang mengharukan.

Mulai dari kematian adiknya Otosaka Yuu atau sahabatnya Otosaka Yuu, hingga di adegan endingnya, dimana Otosaka Yuu harus berkorban demi menyelamatkan anak-anak kemampuan khusus di seluruh dunia.

Mau tahu film Anime tersedih lainnya? Untuk melanjutkan klik NEXT.