Apa Itu Anime? Berikut Adalah Penjelasan Lengkapnya!!

Apa itu anime? Kalau kamu sering berkunjung ke komunitas-komunitas online tentang film seperti forum, blog, group facebook, dan lain sebagainya, pasti kamu pernah menemukan artikel tentang anime.

Kalau kamu adalah seorang pengemar anime sejati, pastinya sudah tahu pengertian anime dan mengetahui beberapa istilah dalam anime, atau mungkin juga sudah mengetahui sejarah anime di dunia.

Namun, tidak bagi mereka yang bukan seorang pengemar anime. Nah, daripada penasaran mengenai pengertian apa itu anime? Mending kamu baca sampai tuntas artikel tentang apa itu anime dibawah ini.

Inilah Pengertian Apa Itu Anime (Lengkap Dengan Sejarah, dan Istilah Anime)

Apa Itu Anime
Apa Itu Anime

Apa Itu Anime

Anime adalah film animasi khas Jepang, yang digambar dengan mengunakan tangan, maupun yang digambar dengan teknologi komputer. Dimana, kata ” anime “ sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu ” animation “.

Di Jepang sana, istilah ” anime “ banyak digunakan orang untuk menyebut secara spesifik film animasi buatan Jepang. Walaupun pada kenyataannya, tidak semua film anime tersebut dibuat di Jepang.

Biasanya, film animasi khas Jepang ini kebanyakan diadaptasi dari manga, yaitu komik khas Jepang. Disamping itu, ada juga beberapa film anime yang diadaptasi dari light novel, game, dan lain sebagainya.

Sejarah Anime

Sejarah anime di Jepang dimulai pada awal abad ke-20, dimana pada waktu itu, para pembuat film asal Jepang mencoba bereksperimen dengan mengunakan teknik pembuatan film animasi yang dipakai oleh negara-negara barat.

Oleh karena itu, para animator di Jepang generasi pertama pada akhir tahun 1910-an seperti Seitaro Kitayama, Jun’ichi Kouchi, dan Oten Shimokawa, dijuluki sebagai ” bapak-bapak “ film anime di Jepang.

Bahkan, pada masa perang dunia kedua, beberapa film anime seperti ” Momotaro no Umiwashi (1943) “, dan ” Momotaro: Umi no Shinpei (1945) ” dibuat khusus untuk agenda propaganda untuk Jepang.

Film anime pertama yang meraih kepopuleran secara luas, maksudnya tidak hanya terkenal di Jepang, melainkan terkenal juga di luar Jepang, yaitu ” Astro Boy ” karangan Ozamu Tezuka pada tahun 1963 silam.

Dan sampai sekarang, sudah banyak film anime yang sukses di dunia seperti ” Dragon Ball “ karangan Akira Toriyama, ” Naruto “ karangan Masashi Kishimoto, ” One Piece “ karangan Eiichiro Oda, dan masih banyak lagi lainnya.

Hanya saja, dibandingkan di jaman lalu, anime di jaman sekarang sudah sangat berkembang, baik dari segi grafik maupun jalan ceritanya, sehingga tidak heran jika banyak orang yang suka dengan anime, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Perbedaan Anime Dengan Kartun

Kalau orang awam yang bukan seorang pengemar anime sejati, pasti menganggap bahwa anime dan kartun itu sama saja. Padahal pada kenyataannya, antara anime dan kartun itu mempunyai sedikit perbedaan.

Walaupun pada dasarnya, anime dan kartun itu sama, yaitu sama-sama sebagai film animasi. Perbedaan keduanya terletak pada asal-usulnya, kalau anime adalah film animasi dari Jepang, sedangkan kartun adalah film animasi bukan dari Jepang.

Disamping itu, walaupun pada awalnya, anime itu terinspirasi dari film animasi buatan negara barat, namun dikarenakan film animasi buatan Jepang mempunyai ciri khas tersendiri, sehingga di Jepang tidak menyebutnya ” kartun “ melainkan ” anime “.

Genre Anime

Kurang lebih sama dengan film-film pada umumnya, film anime juga mempunyai banyak sekali genre seperti action, fantasy, drama, romantis, komedi, musik, petualangan (adventure), dan lain sebagainya.

Disamping itu, film anime juga mempunyai beberapa genre lainnya yang menjadi ciri khas film anime seperti harem, isekai, mecha, youkai, josei, shounen, shoujo, seinen, yaoi, yuri, dan masih banyak lagi lainnya.

Istilah-Istilah Dalam Anime

Dalam perkembangan, dunia film anime juga mempunyai banyak sekali istilah, baik itu istilah yang berasal dari film anime itu sendiri, maupun istilah yang berasal dari para pengemar anime, seperti:

Waifu

Waifu adalah sebuah istilah yang merujuk kepada karakter anime wanita yang dijadikan sebagai idola oleh pengemar anime laki-laki. Biasanya, karakter yang sering dijadikan waifu adalah karakter anime wanita yang cantik.

Bahkan, tidak jarang mereka menganggap karakter anime idolanya tersebut sebagai pacar atau istrinya sendiri. Dan kata ” waifu “ sendiri merupakan istilah slang Jepang yang diserap dari bahasa inggris ” wife ” yang berarti ” istri “.

UNTUK LEBIH JELASNYA SILAHKAN BACA: Apa Itu Waifu? Berikut Adalah Arti dan Penjelasannya!!

Wibu

Wibu adalah sebuah istilah yang merujuk kepada seseorang yang bukan orang jepang asli, atau bukan orang yang sedang tinggal di jepang, namun dia terlalu terobsesi dengan hal-hal yang berbau kejepangan.

Dalam hal ini, obsesi mereka tidak hanya sebatas kepada film anime, game, dan manga saja, tapi juga ke budaya-budaya jepang. Biasanya, sumber inspirasi mereka adalah film jepang, film anime, manga, game, dan lainnya.

UNTUK LEBIH JELASNYA SILAHKAN BACA: Apa Itu Wibu? Berikut Adalah Arti dan Penjelasannya!!

Selain waifu, dan wibu, masih banyak lagi istilah-istilah lainnya dalam film anime seperti fanservice, doujinshi, chibi, moe, OVA/OAV, ONA, fanfic, fanart, seiyuu, mangaka, nijikon, cosplay, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu anime? Lengkap dengan sejarah anime, perbedaannya dengan film kartun, dan istilah-istilah yang ada di dalam film anime. Semoga artikel ini bermamfaat, dan jangan lupa bagikan/share artikel ini ya.