Apa Itu Spoiler (Dalam Film, Anime, dan Game)? Berikut Penjelasannya!!

Apa itu spoiler? Apabila kamu suka berselancar di komunitas tentang film, buku, atau game di internet, pasti kamu sering menemukan istilah ” spoiler “ ini, atau paling tidak pernah mendengarnya.

Walaupun begitu, tidak sedikit orang yang belum mengerti dengan benar apa pengertian spoiler tersebut. Dan terkadang juga ada orang yang bertanya-tanya tentang arti spoiler, dan seperti apa contohnya.

Sebenarnya, apa itu spoiler? Dan seperti apa contoh-contohnya? Serta apa saja dampaknya? Nah, daripada bingung, dan penasaran, mending baca sampai tuntas artikel tentang istilah spoiler berikut ini.

Inilah Pengertian Apa Itu Spoiler Dalam Film, Anime, Game, dan Komik

Apa Itu Spoiler
Apa Itu Spoiler

Apa Itu Spoiler

Istilah spoiler ini berasal dari bahasa Inggris, yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia mempunyai arti kurang lebih sebagai bocoran, atau beberan suatu cerita yang merujuk kepada film, buku, game, dan lainnya.

Biasanya, film, buku, dan game yang seringkali dibuat spoiler oleh kebanyakan orang adalah film, buku, dan game yang baru saja dirilis, dan kehadirannya sangat ditunggu-tunggu oleh para pengemarnya.

Contoh Spoiler

Sebagai contoh, misalnya ada sebuah film populer yang sedang tayang di bioskop, kemudian ada salah satu temanmu yang sudah terlebih dulu menonton film tersebut di bioskop sebelum kamu menontonnya.

Dikarenakan teman kamu tersebut sudah mengetahui jalan ceritanya, mulai dari awal hingga akhir dari film tersebut, dia pun kemudian memberikan bocoran mengenai jalan cerita film tersebut kepadamu.

Nah, pada situasi ini sudah bisa dikatakan bahwa dia sudah memberikan spoiler kepadamu. Dan seperti yang dikatakan sebelumnya, spoiler juga bisa terjadi di bidang lain seperti buku, game, dan lain sebagainya.

Tipe-Tipe Tukang Spoiler

Tukang Spoiler Tipe Demi Kesenangan

Para tukang spoiler tersebut terbagi menjadi beberapa tipe, yang pertama adalah mereka yang memang sengaja menjadi tukang buat spoiler dengan tujuan demi kesenangan, dan kepuasan pribadi semata.

Tipe tukang spoiler yang satu ini biasanya berusaha menjadi yang pertama dalam (menonton film, membaca buku, dan memainkan game) untuk mengumpulkan segala informasi secara detail untuk membuat spoiler.

Tukang Spoiler Tipe Antusias

Tipe tukang spoiler selanjutnya adalah orang-orang yang tidak sengaja menjadi seorang tukang spoiler dikarenakan mereka terlalu antusias terhadap (film, buku, game, dan lainnya) yang baru saja dirilis tersebut.

Biasanya, mereka hanya ingin mempromosikan (film, buku, game, dan lainnya) tersebut kepada teman-temannya. Hanya saja, karena terlalu antusias sehingga terkadang mereka suka kelepasan menceritakannya secara detail.

Tukang Spoiler Tipe Tuntutan Profesi

Tukang spoiler yang terakhir adalah mereka-mereka yang menjadi tukang spoiler karena tuntutan profesi seperti para kritikus (film, buku, game, dan lainnya) di media massa, televisi, dan lain sebagainya.

Untungnya, mereka-mereka ini sadar apa disampaikan tersebut bisa merusak kesenangan orang lain yang belum (menonton film, membaca buku, atau memainkan game) tersebut, sehingga mereka sering memberikan peringatan ” SPOILER ALERT! “ di konten mereka.

Dampak Spoler

Dampak dari spoiler tersebut juga tidak bisa dianggap remeh, tergantung apa saja yang dibocorkan, mulai dari berpotensi mengurangi pendapatan (film, buku, dan game) tersebut, hingga dianggap tidak menghargai karya orang lain.

Pasalnya, dengan sudah mengetahui spoiler-nya, maka orang-orang akan menjadi malas (menonton film, membeli buku, dan memainkan game) tersebut, karena sudah mengetahui isi inti dari spoiler tersebut.

Disamping itu, bagi situkang spoiler juga akan dilabeli sebagai orang yang menyebalkan, dan saksi sosial menantinya, mulai dari banyak temannya yang mengunfollow akun media sosialnya, hingga dicaci maki, dan lainnya.

BACA JUGA: Apa Itu Anime Batch? Berikut Adalah Penjelasannya!!

Akhir Kata

Nah, itulah pengertian apa itu spoiler dalam film (seperti film layar lebar, anime, dan drama), buku (seperti novel, dan komik), dan game. Intinya, spoiler itu mempunyai sisi yang baik, dan juga memiliki sisi yang buruk.

Bisa menjadi sisi yang baik apabila lawan bicaramu memang ingin mengetahui tentang spoiler yang sudah kamu ketahui sebelumnya. Maka sah-sah saja memberitahu mereka mengenai spoiler tersebut.

Namun, bisa juga menjadi sisi yang buruk apabila mereka tidak menginginkan spoiler tersebut. Namun, kamu justru memberikan spoiler kepada mereka, sehingga mereka terpaksa mengetahui spoiler tersebut.