Apa Itu Tsundere? Berikut Adalah Arti dan Penjelasannya!!

Apa itu tsundere? Tsundere adalah sebuah istilah dalam film anime, yang menggambarkan salah satu jenis karakter seorang tokoh dalam film anime tersebut. Bagi seorang pengemar anime, pasti sudah tahu istilah ini.

Atau paling tidak dia sudah pernah mendengar istilah anime yang satu ini. Di dunia nyata, jenis karakter ” tsundere “ ini sangat langka, maksudnya adalah jenis karakter ” tsundere “ ini sangat jarang sekali ada di dunia nyata.

Dan kalau pun ada di dunia nyata, kebanyakan hanya dibuat-buat saja. Nah, daripada kamu penasaran terus? Mending kamu simak ulasan tentang apa itu tsundere? Lengkap dengan penjelasannya berikut ini.

Inilah Pengertian Apa Itu Tsundere (Lengkap Dengan Penjelasannya dan Tipe-Tipenya)

Apa Itu Tsundere
Apa Itu Tsundere

Apa Itu Tsundere

Istilah ” Tsundere “ berasal dari dua gabungan kata yaitu ” Tsun-tsun ” dan ” Dere-dere “. Dimana, kata ” Tsun-tsun ” mempunyai arti ” acuh atau bersikap dingin “, sedangkan kata ” Dere-dere ” mempunyai arti ” penuh kasih sayang “.

Sampai disini, mungkin sudah bisa ditebak apa itu tsundere? Tsundere adalah karakter yang mempunyai sifat keras, dingin, dan agresif, namun disaat yang tepat bisa berubah menjadi seseorang yang sangat penyayang, khususnya didepan orang yang disukainya.

Bisa dikatakan, tsundere adalah karakter yang selalu bersikap dingin, cuek, dan jutek kepada orang lain. Dan bersikap penyayang kepada orang yang disukainya, namun dia tidak bisa mengakui perasaannya tersebut.

Dalam film anime, karakter yang mempunyai sifat ” tsundere “, biasanya sangat sulit sekali mengakui perasaannya kepada orang yang disukainya, entah itu dikarenakan harga dirinya, atau dikarenakan hal lainnya.

Tipe-Tipe Tsundere

Disamping itu, sifat ” tsundere “ juga terbagi menjadi beberapa tipe berdasarkan faktor penyebabnya, di antaranya adalah:

Tsundere Natural (Sifat Bawaan)

Tipe tsundere natural (sifat bawaan) adalah sifat tsundere paling umum, dan paling banyak ditemukan. Tipe tsundere yang satu ini lebih mudah untuk ditangani dibandingkan tipe tsundere lainnya.

Biasanya, sifat tsundere tipe natural (bawaan) ini muncul dengan spontan sebagai reaksi untuk lari perasaan gugup. Bahkan dalam kondisi ini, ada beberapa karakter yang tidak menyadari perbuatannya sendiri.

Tsundere Narsisme

Tipe tsundere berikutnya yaitu tipe tsundere narsisme. Sedikit berbeda dengan tipe tsundere natural (sifat bawaan), tipe tsundere ini kebanyakan lebih memilih lari, atau lebih memilih memendam perasaannya.

Biasanya, tipe tsundere yang satu ini muncul sebagai akibat dari sifat narsisme, dan karakter yang memiliki sifat tsundere tipe ini kebanyakan sangat sulit menerima koreksi, pendapat, atau opini dari orang lain.

Tsundere Ojou

Biasanya, tipet tsundere yang satu ini muncul sebagai akibat dari latarbelakang kehidupan yang menerapkan gaya hidup glamor (mewah), sehingga menimbulkan sifat gengsi kepada orang lain disekitarnya.

Dalam kasus ini, karakter yang bersangkutan akan memposisikan dirinya sebagai orang yang susah untuk dijangkau, walaupun sebenarnya dia sangat ingin didekati. Biasanya, apa yang diutarakan atau diekspresikannya berbeda dengan perasaannya yang sebenarnya.

Deviant Tsundere

Dari semua tipe tsundere yang ada, tsundere deviant adalah yang dianggap paling mengerikan dan berbahaya. Biasanya, tipe tsundere ini kebanyakan dimiliki oleh karakter-karakter jahat dan haus darah.

Pasalnya, karakter yang memiliki sifat tsundere tipe ini bisa mengancam kehidupan orang lain, karena dia tidak akan segan-segan melakukan tindakan kriminal seperti membunuh terhadap orang yang dibencinya.

Tsundere Pragmatis

Sesuai dengan namanya, tipe tsundere ini biasanya cenderung bersikap pragmatis, dimana dia akan selalu menanggapi segala sesuatunya secara serius, selalu terpaut dengan aturan, dan memiliki selera humor yang rendah.

Walaupun selalu bersikap serius dalam segala hal, terlalu terpaut pada aturan yang ada, dan mempunyai selera humor yang rendah, namun pada suatu waktu dia bisa berubah menjadi lebih lembut.

Extrovert Tsundere

Biasanya, tipe tsundere ini muncul pada karakter-karakter yang selalu ceria, ramai, dan banyak tingkah. Dibandingkan dengan tipe tsundere lainnya, tipe tsundere ini adalah yang paling kekanak-kanakan.

Dalam banyak kasus, karakter yang memiliki sifat tsundere tipe ini akan melakukan apapun untuk mendekati orang yang disukainya seperti melakukan kejahilan, mengganggu orang yang disukainya, dan lain sebagainya.

Introvert Tsundere

Kalau sifat tsundere tipe ini kebalikan dari Extrovert Tsundere, dan hanya berlaku kepada karakter pendiam, yang lebih cenderung menyembunyikan perasaan yang sesungguhnya terhadap orang yang disukainya.

Pada dasarnya, karakter ini memang tertutup, sehingga sifat ” tsundere “ yang dimilikinya kemungkinan besar hanya terjadi secara verbal. Biasanya, sifat tsundere tipe ini akan berevolusi menjadi sifat dandere.

Karakter ” Dere “ Lainnya

Selain tsundere, terdapat juga beberapa sifat ” dere “ lainnya yang juga cukup populer dikalangan pengemar anime di dunia, di antaranya adalah:

Yandere

Sifat ” dere “ yang pertama selain tsundere, yaitu yandere. Dimana, sifat ” yandere ” ini berasal dari kata ” yanderu “, yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti sebagai ” gangguan jiwa atau gangguan mental “.

Walaupun begitu pada dasarnya, karakter yang bersifat ” yandere “ adalah karakter yang baik. Hanya saja, dia bisa berubah menjadi sosok yang mengerikan apabila ada yang berusaha menghalangi-halangi tujuannya.

Dalam film anime, karakter ” yandere ” digambarkan sebagai karakter yang memiliki kondisi mental yang tidal stabil, dan terkadang bisa menjadi benar-benar mengerikan, dimana dia tidak segan-segan mengunakan kekerasan sebagai perwujudan emosinya.

BACA JUGA: Bikin Merinding! Inilah 16+ Karakter Anime Yandere Terbaik!!

Kuudere

Sifat ” kuudere “ berasal dari dua gabungan kata, yaitu ” kuu “ dan ” dere-dere “. Dimana kata ” kuu “ kalau diterjemahkan mempunyai arti ” cool “, sedangkan kata ” dere-dere “ mempunyai arti ” penuh kasih sayang “.

Karakter yang bersifat ” kuudere “ sangat mirip dengan karakter yang bersifat ” tsundere “, sehingga sangat sulit sekali membedakannya. Perbedaannya, kalau ” kuudere “ sedikit lebih dewasa dibandingkan ” tsundere “.

Karakter yang bersifat ” kuudere “ juga lebih kaku, lebih dingin (tanpa emosi), dan gaya bicaranya pun lebih formal dibandingkan karakter yang bersifat ” tsundere “. Hanya saja, karakter yang bersifat ” kuudere “ bisa menjaga image-nya dengan baik.

Dandere

Sifat ” dandere “ yang berasal dari dua gabungan kata, yaitu ” danmari ” dan ” dere-dere”. Dimana, kata ” danmari ” kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia mempunyai arti ” pemalu (pendiam) “.

Jadi, dandere bisa diartikan sebagai sifat yang menggambarkan karakter yang pemalu dan pendiam, namun pada suatu waktu bisa melakukan tindak yang tidak terduga, khususnya kepada orang yang disukainya.

BACA JUGA: Super Sadis! Inilah 11+ Karakter Anime Psikopat Terbaik!!

Walaupun jarang bicara, namun karakter yang bersifat ” dandere ” sangat peka terhadap lingkungan di sekitarnya. Disamping itu, karakter yang bersifat dandere juga sangat sulit didekati, namun juga sulit untuk lepas dari dia.

Akhir Kata

Nah, itulah penjelasan singkat tentang apa itu tsundere, lengkap dengan penjelasannya, tipe-tipe tsundere, dan sifat ” dere ” lainnya. Semoga artikel ini bermamfaat, khususnya bagi para pengemar anime.