Selain dikenal sebagai kiblatnya film animasi dengan film Anime-nya, Jepang juga cukup dikenal sebagai salah satu negara penghasil film horor terbaik di dunia. Bahkan, ada beberapa film horor Jepang yang di remake oleh Hollywood.

Salah satu keunikan dari film horor Jepang, yaitu adegan atau kostum horornya kebanyakan ” terlihat “ biasa saja. Tapi itu sudah lebih dari cukup untuk membuat para penontonnya histeris ketakutan setengah mati.

Selain itu, endingnya juga kebanyakan tidak terduga sama sekali, dan bisa membuat penontonnya kepikiran hingga tidak bisa tidur. Lantas, film horor Jepang apa saja yang menyandang gelar ” terseram “ tersebut? Berikut ulasannya

#24. Premonition (2004)

Film Horor Jepang
Premonition

Mungkin, buat kamu yang suka dengan hal-hal yang berbau supranatural, bisa membaca masa depan adalah hal yang paling didambakannya. Tapi hal tersebut menjadi berbeda jika ceritanya kamu bisa melihat kematian anggota keluargamu sendiri.

Itulah inti cerita di film horor Jepang berjudul ” Premonition “ ini. Cerita di film ini fokus kepada seorang laki-laki bernama Hideki dan istrinya, yang mengalami kecelakaan setelah mereka balik dari liburan.

Dalam kecelakaan tersebut, putri mereka meninggal dunia. Ternyata, sebelum kecelakaan itu terjadi, Hideki sempat melihat sebuah potongan koran, yang memberitakan tentang kematian putrinya sendiri.

#23. Uzumaki (2000)

Film Horor Jepang
Uzumaki

Film horor Jepang selanjutnya yaitu ” Uzumaki “. Ceritanya tentang keanehan yang terjadi di kota Kurouzu. Dimana, secara tiba-tiba banyak orang di Kurouzu, yang terobsesi dengan hal-hal yang berbau ” spiral “.

Cerita di film ” Uzumaki “ ini fokus kepada seorang siswa SMA bernama Kirie, yang merasakan hal aneh sedang terjadi di kota Kurouzu. Hampir semua orang di sekitarnya terobsesi dengan hal-hal yang berbau ” spiral “.

Bahkan, gadis paling cantik di sekolahnya pun ikut-ikutan dengan gaya rambutnya yang membentuk spiral melayang di udara. Keadaan semakin memburuk, saat ayah pacar Kirie tewas di dalam sebuah mesin cuci. Kini, Kirie dan pacarnya berusaha mencari sumber teror ” spiral “ ini.

#22. Teke Teke (2009)

Film Horor Jepang
Teke Teke

Teke Teke adalah salah satu hantu urban legend paling populer di Jepang. Diceritakan, Teke Teke merupakan arwah seorang perempuan yang meninggal karena badannya terlindas kereta menjadi dua bagian.

Kini, kisah hantu ” Teke Teke “ ini sudah dibuatkan film dengan judul yang sama. Hanya saja, alur ceritanya sedikit berbeda dengan kisah asli hantu ” Teke Teke “ ini. Jadi, film ” Teke Teke “ ini bercerita tentang seorang gadis SMA, yang sering mengalami bullying di sekolahnya.

Kemudian, dia ingin melakukan balas dendam dengan menunjukan bahwa hantu ” Teke Teke “ ini benar-benar ada. Hal tersebut justru membuat hantu ” Teke Teke “ meneror dan membunuh mereka satu persatu.

#21. Creepy Hide and Seek/Hitori Kakurenbo: Gekijo Ban (2010)

Film Horor Jepang
Creepy Hide and Seek/Hitori Kakurenbo: Gekijo Ban

Film ” Creepy Hide and Seek “ atau ” Hitori Kakurenbo: gekijo ban “ adalah salah satu film horor Jepang terseram, yang mengangkat salah satu permainan memanggil makhluk halus dari Jepang, yaitu Hitori Kakurenbo.

Dalam ritualnya, pesertanya harus menyediakan sebuah boneka yang sudah diisi rambut dan potongan kuku mereka. Kemudian, bonekanya ditusuk dengan pisau, setelah itu diletakkan di kamar mandi.

Selanjutnya, pesertanya harus bersembunyi sambil membawa air garam. Aturannya, air garam tersebut tidak boleh tumpah, dan apabila air garam tersebut tumpah, maka boneka tadi akan membunuhnya.

Film ” Creepy Hide and Seek/Hitori Kakurenbo: gekijo ban “ ini bercerita tentang hilangnya beberapa siswa di sebuah sekolah. Setelah diselidiki, ternyata mereka yang hilang tersebut, pernah memainkan permainan ” Hitori Kakurenbo “ ini.

#20. Noriko’s Dinner Table (2006)

Film Horor Jepang
Noriko’s Dinner Table

Film ” Noriko’s Dinner Table “ bercerita tentang Noriko, yaitu gadis berusia 17 tahun, yang memutuskan pergi ke Tokyo tanpa diketahui ayahnya. Disana, dia berharap bisa menjalani kehidupan masa muda yang lebih berwarna.

Melalui sebuah situs internet, Noriko berkenalan dengan beberapa orang di Tokyo, salah satunya adalah admin situs internet tersebut. Ternyata, admin situs internet tersebut adalah seorang gadis cantik bernama Kumiko.

Setelah itu, Noriko pun ikut bergabung dengan organisasi yang dipimpin oleh Kumiko. Nah, organisasi inilah yang kemudian hari dianggap bertanggung jawab atas terjadinya insiden bunuh diri massal di Jepang.

#19. Paranormal Activity 2: Tokyo Night (2010)

Film Horor Jepang
Paranormal Activity 2: Tokyo Night

Film ” Paranormal Activity 2: Tokyo Night “ ini merupakan film sekuel versi Jepang dari salah satu film horor Hollywood, yang menuai sukses pada tahun 2007 silam, yang berjudul ” Paranormal Activity “.

Ceritanya fokus kepada seorang pemuda bernama Koichi Yamano, yang selalu mengabadikan kegiatan sehari-harinya dengan merekamnya di sebuah Handycam, yang selalu dibawanya kemanapun Koichi Yamano pergi.

Nah, dari rekaman-rekaman Koichi Yamano inilah tertangkap beberapa kejadian horor yang cukup menyeramkan di rumahnya, seperti di kamarnya, dan beberapa ruangan-ruangan lainnya di rumahnya.

#18. Suicide Club (2001)

Film Horor Jepang
Suicide Club

Selain ” Noriko’s Dinner Table “, ada satu lagi film horor Jepang, yang mengangkat kisah bunuh diri massal, yaitu ” Suicide Club “. Ceritanya bermula dari beberapa siswa yang bunuh diri bersama di stasiun kereta listrik.

Kemudian disusul oleh dua perawat di sebuah rumah sakit juga melakukan bunuh diri dengan cara melompat dari jendela. Setelah itu, keadaan Jepang menjadi mencekam, karena banyak orang yang melakukan bunuh diri.

Hal ini membuat binggung banyak pihak, bahkan pihak berwajib pun kebinggungan dan kewalahan menangani fenomena bunuh diri massal yang sedang melanda negara Jepang.

#17. Eyes (2015)

Film Horor Jepang
Eyes

Film ” Eyes “ ini diadaptasi dari cerita horor pendek karya Koji Suzuki, yaitu orang yang dianggap sebagai pecetus ide kisah di film horor ” The Ring “ dan ” Sadako “. Cerita di film ini fokus kepada seorang siswi SMA bernama Yukari Yamamoto.

Kehidupan Yukari Yamamoto mulai berubah menjadi horor, ketika dia bisa melihat hantu untuk pertama kalinya, yaitu arwah seorang wanita melalui lubung kunci di pintu apartemen tempatnya tinggal.

Sejak itulah, berbagai kejadian yang tidak masuk akal sering dialami oleh Yukari Yamamoto. Keadaan semakin buruk, saat dia bisa melihat berbagai jenis penampakan-penampakan hantu di sekitarnya.

Masih penasaran film horor Jepang terseram lainnya? Untuk melanjutkan klik NEXT.

1
2
3
Penyuka film Anime yang tidak memiliki bakat istimewa, hanya punya rasa keingintahuan yang lebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here