Dijamin Keren! Inilah 12 Film Studio Ghibli Terbaik!!

Studio Ghibli adalah salah satu rumah produksi film Anime terbaik di Jepang, dimana namanya bukan hanya terkenal di negara asalnya saja, tapi kiprahnya sebagai rumah produksi film animasi sudah sangat mendunia.

Tidak sulit membedakan film Studio Ghibli dengan film Anime buatan rumah produksi lainnya, yaitu dari segi kualitasnya, yang selalu konsisten menyajikan detail gambar dan pewarnaan yang sungguh memukau mata.

Selain kualitas grafiknya yang memukau, film Anime buatan Studio Ghibli juga selalu menyisipkan pesan moral yang berkelas. Lantas, film Studio Ghibli apa saja yang terbaik saat ini? Berikut ulasannya

#12. Nausicaa of the Valley of the Wind – 1984

Film Studio Ghibli
Nausicaa of the Valley of the Wind

Sebenarnya, film Anime ini bisa dikatakan bukan film keluaran Studio Ghibli. Karena, film ini dibuat jauh sebelum Studio Ghibli didirikan. Tapi, film Anime berjudul ” Nausicaa of the Valley of the Wind “ ini bisa dikatakan cikal bakal berdirinya Studio Ghibli.

Makanya, film Anime yang rilis pada tahun 1984 silam ini, ada di daftar film Studio Ghibli terbaik ini. Film yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki ini, bercerita tentang putri Nausicaä, yaitu putri kerajaan Valley of the Wind.

Diceritakan, putri Nausicaä sedang berjuang untuk menghentikan dan melawan kerajaan Tolmekia, yang sedang mengunakan senjata kuno, yaitu serangga mutan raksasa, untuk menghancurkan hutan belantara.

#11. Laputa: Castle in the Sky – 1986

Film Studio Ghibli
Laputa: Castle in the Sky

Film Studio Ghibli terbaik selanjutnya yaitu Laputa: Castle in the Sky. Film Anime yang rilis pada tahun 1986 silam ini juga disutradarai oleh Hayao Miyazaki, dan ceritanya tentang petualangan dua orang anak, yang berusaha melindungi sebuah batu kristal.

Dua orang anak tersebut harus terlibat dengan aksi menegangkan, mulai dari kejar-kejaran pasukan militer hingga perampok, yang ingin mendapatkan batu kristal tersebut. Batu kristal tersebut merupakan kunci untuk masuk ke sebuah istana terbang.

Walaupun pada akhirnya mereka berhasil menemukan istana terbang yang melegenda tersebut, tapi mereka tidak bisa membawa harta karun yang ada di istana tersebut.

#10. Grave of the Fireflies – 1988

Film Studio Ghibli
Grave of the Fireflies

Saran saya, sebelum menonton film ini, siapkan tissue terlebih dahulu. Karena, film Anime berjudul ” Grave of the Fireflies “ ini adalah salah satu film Studio Ghibli paling sedih, yang bisa membuat menontonnya ikut menangis.

Bahkan kabarnya, dulu pernah ada bioskop yang memutar film ini menjadi hening setelah film tersebut selesai diputar. Hal ini terjadi, karena banyak penontonnya yang terbawa perasaan (baper) dan ikut merasakan apa yang terjadi di film tersebut.

Film Anime yang rilis pada tahun 1988 silam ini menceritakan tentang perjuangan dua saudara kakak adik di jaman perang. Diceritakan, dua bersaudara tersebut harus berjuang bertahan hidup di tengah perang dunia kedua.

#9. My Neighbor Totoro – 1988

Film Studio Ghibli
My Neighbor Totoro

My Neighbor Totoro adalah salah satu ikon film Studio Ghibli paling dikenal di dunia. Film yang rilis pada tahun 1988 silam ini bercerita tentang dua saudara kakak adik perempuan, yang berhasil menemukan petualangan di rumah baru-nya.

Kedua suadara perempuan tersebut bertemu dan berkenalan dengan mahkluk penjaga hutan bernama ” Totoro “. Sejak itulah, petualangan demi petualangan seru mereka berdua di mulai.

#8. Kiki’s Delivery Service – 1989

Film Studio Ghibli
Kiki’s Delivery Service

Film Anime ini bercerita tentang seorang penyihir muda berusia 13 tahun bernama Kiki, yang diharuskan merantau dan diwajibkan mengunakan ilmu sihir-nya untuk membantu masyarakat banyak.

Kemudian, dia membuka jasa pengantar barang bersama sahabat kucing-nya bernama Jiji. Hal ini dilakukan Kiki, karena topografi kota tempat tinggalnya sekarang terpisah-pisah oleh perairan.

#7. Pom Poko – 1994

Film Studio Ghibli
Pom Poko

Pom Poko adalah salah satu film Studio Ghibli paling lucu, dimana ceritanya tentang perjuangan sekelompok rakun, yang hidup di pinggiran kota melawan pembangunan kota, yang semakin lama semakin meluas.

Walaupun film ” Pom Poko “ ini tidak sepopuler karya Hayao Miyazaki seperti ” Howl’s Moving Castle “ atau ” Spirited Away “, tapi film Anime yang disutradarai oleh Isao Takahata ini pernah mewakili Jepang di ajang The Academy Award for Best Foreign Language Film pada tahun 1994.

#6. Princess Mononoke – 1997

Film Studio Ghibli
Princess Mononoke

” Keren “ adalah salah satu kata yang bisa mengambarkan film Anime fantasy dari Studio Ghibli yang satu ini. Film Anime ini bercerita tentang seseorang bernama Ashitaka, yang melakukan perjalanan panjang demi menghilangkan kutukan.

Tapi dalam perjalananya tersebut, Ashitaka terlibat konflik antara putri Mononoke dan pemburu roh dewa hutan.

#5. Lupin III: The Castle of Cagliostro – 1979

Film Studio Ghibli
Lupin III: The Castle of Cagliostro

Kalau film Studio Ghibli yang satu ini bernuansa komedi dan petualangan, dimana ceritanya berpusat kepada seorang pencuri cerdas bernama Lupin. Lupin dikenal sebagai pencuri hebat yang sangat disegani.

Walaupun dia adalah seorang pencuri, tapi dalam film ini, Lupin berusaha menyelamatkan seorang putri cantik dari tangan penjahat yang terkenal kejam dan sadis.

#4.The Tale of the Princess Kaguya – 2013

Film Studio Ghibli
The Tale of the Princess Kaguya

The Tale of the Princess Kaguya adalah salah satu film Anime movie terbaik saat ini. Film Anime ini bercerita tentang seorang pemotong bambu dan istrinya, yang menemukan seorang bayi perempuan di hutan.

Kemudian, pasangan suami istri itu mengadopsi bayi tersebut dan memberinya nama ” Kaguya “. Secara perlahan Kaguya tumbuh besar bersama anak desa lainnya, hingga akhirnya terkuak asal usul dan tujuan Kaguya.

Masih penasaran film Studio Ghibli terbaik lainnya? Untuk melanjutkan klik NEXT.

Written by Hiro Kun

Penyuka film Anime yang tidak memiliki bakat istimewa, hanya punya rasa keingintahuan yang lebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *